20 May, 2017

9 UNGKAPAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT INTERVIEW KERJA




Wawancara kerja merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para pelamar kerja. Banyak hal yang berpengaruh dalam keberhasilan proses ini, mulai dari sikap dan bahasa tubuh, penampilan, hingga cara Kalian menyampaikan pendapat.
Namun perlu diingat apa yang Kalian katakan dan lakukan selama wawancara dapat berpengaruh pada Kalian untuk diterima atau bahkan ditolak. Berikut beberapa poin pembicaraan yang perlu Kalian hindari saat melakukan wawancara kerja.

  1. “Saya meninggalkan pekerjaan saya saat ini karena Bos saya sangat mengerikan”
Bahkan jika memang benar Bos Kalian dulu sangat jahat, tahan dirilah untuk tidak membicarakan keburukan bos, perusahaan, bahkan rekan kerja Kalian sebelumnya.

  1. “Saya akan mengungkapkan kelemahan saya diawal, bahwa saya tidak pandai….”
Meskipun Kalian juga tidak harus mengatakan bahwa Kalian hebat dalam segala hal, mengakui cacat tanpa diminta adalah ide yang buruk.

  1. “Berapa banyak saya akan mendapatkan waktu libur”
Bukan rahasia lagi bahwa fasilitas perusahaan merupakan bagian yang menarik bagi pelamar kerja yang mendapatkan pekerjaan barunya. Seyogyanya pelamar kerja lebih memfokuskan diri pada “Apa yang bisa saya lakukan untuk perusahaan ini”, bukan “Apa yang dapat perusahaan lakukan untuk saya”.
Tunggulah sampai perusahaan mulai membuka pembicaraan mengenai gaji Kalian, saat inilah Kalian dapat menanyakan berapa bonus yang akan Kalian dapatkan, waktu liburan, penggantian biaya kuliah, dan hal lainnya.

  1. “Saya suka kacamata Kalian”
Kalian mungkin berpikir bahwa memuji pewawancara Kalian akan membuka komunikasi dan Kalian akan mendapatkan skor yang tinggi. “Kalian bisa lolos dengan ini jika Kalian telah membentuk hubungan yang baik dengan pewawancara.”

  1. “Jadi, perusahaan ini sedang melakukan apa?”
“Jika Kalian tidak mengetahui apa-apa tentang perusahaan yang Kalian lamar, mungkin pewawancara berpikir Kalian tidak tertarik bekerja di sana,”
“Cobalah untuk menemukan beberapa data perusahaan pada awal wawancara. Kalian harus memiliki pertanyaan yang menunjukkan Kalian mempunyai minat aktif tentang perusahaan ini.”

  1. “Saya belum menemukan pekerjaan yang tepat karena kondisi ekonomi sedang buruk”
Semua orang tahu bahwa ekonomi yang lesu membuat pasar kerja menjadi sulit. Namun menyalahkan situasi pada pasar membuat Kalian tampak bersikap pasif. “Sebaliknya fokus pada hal yang positif.”
Lebih baik mengatakan “Saya sudah memfokuskan diri pada pencarian untuk pekerjaan yang berhubungan dengan keahlian saya pada perusahaan lain.”

  1. “Saya orangnya fleksibel tidak memiliki rentang gaji dalam pikiran saya”
Dengan menawarkan ini, Kalian mungkin mencoba untuk menunjukkan bagaimana mudah dan menyenangkannya Kalian. Tapi perekrut mungkin melihat Kalian kurang informasi, lebih buruk lagi perekrut mungkin melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk menawarkan gaji serendah-rendahnya pada Kalian. “Sebaliknya, melakukan penelitian terlebih dahulu tentang kisaran gaji yang pas untuk pekerjaan serupa merupakan hal yang tepat untuk bernegosiasi.

  1. “Saya ingin bekerja di sini karena saya butuh pekerjaan”
Jika Kalian mencoba tampil to the point saat wawancara, Kalian tidak akan berhasil dengan pernyataan seperti ini. “Kalian harus menunjukkan minat Kalian,” Dengan mengatakan seperti ini, sepertinya Kalian mencari pekerjaan hanya untuk mendapatkan uang. Tunjukkan pada perekrut bahwa tujuan Kalian mencari pekerjaan tidak semata-mata mencari gaji tetapi ingin menjadi bagian perusahaan dan bahwa Kalian telah menginvestasikan waktu dan usaha Kalian.

  1. “Saya berencana untuk berkeluarga segera setelah mendapatkan pekerjaan”
Sikap Kalian yang jujur tentang kehidupan pribadi Kalian pada saat awal wawancara kerja mungkin bukan ide yang bagus. Beberapa manajer tidak akan mempekerjaan pelamar yang telah menikah dan mempunyai anak karena dianggap dapat mengganggu jadwal kerja.
Fokuslah pada komitmen Kalian untuk pekerjaan dan disiplin dalam menyelesaikan tugas. Berikan contoh-contoh spesifik dari proyek Kalian yang telah berhasil diselesaikan dan konstribusi yang Kalian buat pada keberhasilan proyek itu.


 


Sumber :

(( http://www.jobstreet.co.id/career-resources/jangan-tanyakan-9-hal-ini-saat-wawancara-kerja/ ))

Bagikan

Jangan lewatkan

9 UNGKAPAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT INTERVIEW KERJA
4/ 5
Oleh