08 January, 2018

BRAND GUIDLINE DESIGN ADALAH ?


APASIH BRAND GUIDLINE?


Hai...
akhir-akhir ini banyak pertanyaan yang muncul apasih brand guidline?, design brand guidline, brand guid logo?
nah untuk menjawab rasa penasaran kalian nih penjelasannya.

Salah satu elemen penting dalam pemeliharaan sebuah brand adalah konsistensi dari segi visual, yang dalam hal ini terwakili oleh brandmark dan brand application. Brandmark adalah simbol dari jiwa perusahaan. Visualisasi brandmark tak bisa dipandang sebelah mata mengingat keberhasilan brandmark tak lepas dari nilai-nilai, esensi, dan visi dan misi perusahaan Kalian.

Ketika brandmark diciptakan dan sesuai, maka menjaganya dengan konsisten berarti juga menjaga kepercayaan konsumen, itu sebabnya brandmark tersebut berikut aplikasinya harus tetap konsisten. Untuk itu dibuatlah Brand guideline atau graphic standard manual(GSM). Bila Kalian orang partai, atau aktifis organisasai, pastinya akan Kalian temui aturan ketat (di AD-ART) tentang pembuatan papan nama, bendera atau atribut lain yang memuat symbol organisasi. Klausal tentang aturan symbol itulah Brand guideline. Dalam bisnis atau organisasi apapun panduan aplikasi brand sangatlah penting karena itu adalah kunci sukses, paling tidak motivator menuju sukses,

Konten Brand Guideline meliputi :


  • Brand Platform: Mejelaskan esensi brand (brand essence), brand promise, arahan image yang akan digunakan, serta filosofi brandmark. 
  • Basic ElementsMemuat berbagai aturan baku penggunaan sebuah brandmark, seperti ukuran, warna, dimensi, latar belakang peletakan brand, serta proporsi brandmark yang diletakkan pada berbagai macam aplikasi.
  • Application: Meliputi beragam media yang dapat digunakan dalam mengomunikasikan brandmark, seperti kartu nama, kop surat, amplop, seragam, brosur, billboard, dan sebagainya. 


Dengan mengkomunikasikan brand Kalian secara berkala dan konsisten, konsumen akan lebih mudah mengingat brand Kalian. Mengelolah brand dengan baik akan menciptakan identitas yang kuat melekat dan langgeng di konsumen. Bahkan, hanya sekelebat melihat warna, bentuk, atau potongan jingle (audio), konsumen langsung mengingat brand Kalian. Coca Cola adalah contoh betapa luar biasa bertahan selama beberapa dekade. Hanya melihat sekilas bentuk botol atau mendengar jingle-nya, kita segera menyadari kehadirannya, kapan pun dan dimana pun kita berada bukan?

Semoga dapat membantu kalian yang sedang belajar desain logo ataupun desain lainnya yang memerlukan brand guidline.
stay creative of imagination...

Bagikan

Jangan lewatkan

BRAND GUIDLINE DESIGN ADALAH ?
4/ 5
Oleh